Pages

Thursday, December 24, 2015

Sejarah dan Perkembangan Solaris

Sejarah Solaris


     UNIX merupakan salah satu sistem operasi (operating system, OS) yang populer sebagai server saat ini. Hal ini disebabkan oleh populernya internet. Kenapa hal ini terjadi, karena UNIX adalah sistem operasi pertama yang menerapkan protokol TCP/IP (aturan standard internet) pada proyek yang di sponsori oleh DARPA (Departemen Pertahanan AS) untuk menghubungkan antar komputer dalam suatu jaringan. UNIX yang dipakai saat itu adalah UNIX BSDversi 4.2.



     Unix awalnya dikembangkan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie pada tahun 1969 di laboratorium AT&T Bell. Saat itu, ada proyek yang kurang sukses dengan nama MULTICS. Sistem UNIX yang dikembangkan di atas DECPDP-7 ini diberi nama UNIX sebagai sindiran terhadap MULTICS. Pada mulanya sistem ini dikembangkan dalam bahasa assembly. Akan tetapi, karena portabilitasnya rendah sehingga sulit dikembangkan di sistem lain, maka oleh Dennis Ritchie dikembangkan dengan bahasa pemograman baru yang disebut bahasa C pada tahun 1973. Sistem UNIX kemudian berkembang di lingkungan perguruan tinggi dan mulai bermunculan variasi dari sistem UNIX ini. Varian yang utama adalah UNIX BSD, yang merupakan singkatan dari Berkeley Software Distribution yang dikembangkan oleh mahasiswa Universitas Berkeley yang bernama Bill Joy, dan UNIX System V.

    Dari perkembangan UNIX ini lahirlah Solaris dalam kurun waktu sebagai berikut :

1965 : Bell Laborotaries bergabung dengan MIT dan General Electric mengembangkan Multics.

1970 : Ken Thompson dan Dennis Ritchie mengembangkan UNIX.

1971 : Versi B-Language dari sistem operasi jalan pada PDP-11.

1973 : UNIX ditulis ulang dalam bahasa C.

1974 : Thomson dan Ritchie mempublikasikan paper dan memacu antusiasme yang besar terhadap UNIX di kalangan akademisi. Berkeley mulai mengembangkan BSD.

1975 : Versi license pertama UNIX BSD diluncurkan.

1979 : Bill Joy memperkenalkan “Berkeley Enhancements” sebagai BSD 4.1.

1982 : AT&T pertama kali memasarkan UNIX. Sun Microsystem berdiri (Sun singkatan dari Stanford University Network). Di perusahaan inilah Bill Joy sang pengembang UNIX BSD bergabung.

1983 : Sun Microsystem memperkenalkan SunOS.

1984 : Sekitar 100.000 situs UNIX tersebar di seluruh dunia.

1988 : AT&T dan Sun mengawali pekerjaan pengembangan SVR4(System V Release 4) yang merupakan versi gabungan dari UNIX (BSD & System V).

1988 : OSF (Open Software Foundation) dibentuk, kemudian sebagaicounternya AT&T, Sun, Data General, dan Unisys membentuk UI (UNIXInternational).

1989 : AT&T meluncurkan System V, release 4.

1990 : OSF merluncurkan OSF/1.

1992 : Sun memperkenalkan Solaris, yang berbasis System V, Release.SunOS yang berbasis BSDF UNIX, akan di nonaktifkan.

1993 : Novell membeli UNIX dari AT&T.

1994 : Solaris 2.4 tersedia.

1995 : Santa Cruz Operation membeli UNIXware dari Novell. SCO danHP mengumumkan kerja sama untuk mengembangkan UNIX versi 64-bit. Solaris 2.5 tersedia di pasaran. Pada tahun ini juga Linux, versi UNIXyang ditulis oleh Linus Tovalds secara aktif dikembangkan dan mengalami perkembangan yang pesat dengan berkembangnya Internet dimana komunitas developer dapat dengan mudah saling berhubungan secara online.

1997 : Solaris 2.6 tersedia di pasaran.

1998 : Solaris 7 tersedia di pasaran.

2000 : Solaris 8 tersedia di pasaran.

2001 : Solaris 9 Beta testing Q3.

2004 : Solaris 10 diluncurkan di pasaran. Pada versi ini Sun berencana untuk menjadikan Solaris sebagai open source. Pada versi ini Solaris dapat menjalankan aplikasi-aplikasi yang jalan pada Linux secara native. Pada versi sebelumnya, untuk dapat menjalankan aplikasi yang jalan di Linux pada Solaris harus diinstall suatu package yang disebut Janus dan dijalankan sebagai suatu service.

No comments:

Post a Comment