Pages

Tuesday, December 22, 2015

Perkembangan Apple dan iOS

Sejarah Logo Apple

    Selama puluhan tahun sejak Apple berdiri pada tahun 1976, telah mengalami berbagai perubahan logo. Berikut perubaha-perubahannya dan cerita di balik setiap perubahan tersebut.


1. Lambang Isaac Newton (The Newton Crest) - 1976 Sampai 1976  


     

















   
      Logo pertama Apple didesain pada tahun 1976 oleh Ronald Wayne, yang terkadang juga dikenal sebagai co-founder ketiga dari Apple. Pada logo tersebut menggambarkan Isaac Newton duduk di bawah pohon dengan sebuah apel bergantung di atas kepalanya.

     Istilah di sekitar logo tersebut berkata, "Newton... Pemikiran yang terus Mengarungi Lautan Pikiran yang Aneh... Sendiri". Akan tetapi logo tersebut lebih memberikan kesan klasik daripada modern, padahal mereka adalah perusahaan komputer. Oleh karena itu, Steve Jobs memutuskan sebuah desain ulang dibutuhkan.

2. Logo Pelangi (The Rainbow Logo) - 1976 Sampai 1998

    









 
     Logo ’Isaac Newton’ di atas diganti dengan cepat oleh Steve Jobs dengan desainer Rob Janoff. Janoff tidak mengetahui bahwa desain logonya akan menjadi salah satu logo paling terkenal dan paling iconic sepanjang sejarah teknologi.

     Janoff mengatakan, "gigitan" pada logo Apple digunakan agar orang-orang mengetahui bahwa ia menggambarkan apel, bukan tomat. Juga sesuai dengan kata dunia komputer (byte/bite), sesuai dengan perusahaan teknologi. Sedangkan alasan strip pelangi pada logo adalah Steve Jobs menginginkan sebuah logo yang penuh warna agar perusahaan lebih terlihat "manusiawi". 

3. Logo Monochrome - 1998 Sampai Sekarang

       








    Desain logo Apple bertahan cukup lama sampai akhirnya Steve Jobs memutuskan mengubah logo penuh warna tersebut menjadi logo dengan warna yang solid. Hal ini sesuai dengan fashion pada waktu itu yang minimalis dan mungkin untuk mengikuti zaman millenium yang baru.

   Mungkin logo penuh warna (pelangi) dapat menjadi nostalgia para pengguna Mac, tetapi tentunya Steve Jobs bukanlah orang yang menginginkan rasa nostalgia pada logo Apple. Oleh karena itulah dibuat logo monochrome yang lebih fleksibel untuk me-brand produknya. Perubahan tersebut akhirnya bertahan hingga sekarang ini, dimana Apple hanya menggunakan satu warna saja unutk logonya (monokromatik, penggunaan satu warna saja). Logo Apple sekarang ini tetap menggunakan konsep monokromatik, hanya bewarna putih.

Sejarah iOS

     iOS adalah sebuah sistem operasi mobile yang diciptakan oleh Apple sejak Januari 2007 lalu, Steve Jobs sebagai CEO diwaktu itu. Awalnya sistem operasi mobile ini tidak dinamakan OS X atau disebut juga iPhone OS. Sistem operasi ini dulunya belum dapat bekerja menggunakan perintah copy dan paste, dan multi tasking. 

     Bagi perusahaan lain seperti Google dapat melihat peluang dari kelemahan sistem operasi ini sehingga google menciptakan Sistem Operasi barunya yaitu Android. Hingga pada Juni 2010 iPhone OS berubah nama menjadi iOS dan dan diterapkan pada iPhone, iPod touch, iPad dan telah ditambahkan fitur-fitur yang lebi menarik dan interaktif sehingga menari minat pengguna.



Perkembangan iOS 

1. iPhone OS 1 (6 Maret 2007)
iPhone Pertama Dirilis.
            













 
   iOS pertama masih banyak memiliki kekurangan, namun inilah awal dari sebuah revolusi OS mobile dari Apple. Awalnya OS ini digunakan hanya untuk iPhone dan iPod. iOS versi pertama juga tidak terbuka untuk pengembang pihak ketiga.

Update :

iOS 1.1.1 : September 2007
iOS 1.1.3 : Januari 2008


2. iPhone OS 2 (11 Juli 2008)

Dukungan Aplikasi




















 
   Hal yang paling utama dari iOS 2.0 adalah dukungan aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk perangkat Apple yang menggunakan iOS sebagai perangkat pasar massal. Device yang menggunakan OS ini masih iPhone dan iPod.

Update :

iOS 2.1 : September 2008
iOS 2.2 : November 2008


3. iPhone OS 3 (17 Juni 2009) 

Fitur-fitur Baru
















   
    iOS 3 membawa banyak fitur-fitur baru. Diantaranya adalah kemampuan cut, copy, dan paste juga adanya fitur MMS untuk iPhone. iOS 3 inilah juga awal mula dari fitur Voice Control.

iOS 3.2 (iPad dirilis)
     OS pertama yang digunakan untuk iPad dan mendukung resolusi layar yang besar.

Update :

iOS 3.1 : September 2009
iOS 3.2 : April 2010


4. iOS 4 (21 Juni 2010)

Fitur Multitasking












 
   Di iOS 4, kemampuan multitasking sudah disediakan dan menjadi salah satu fitur yang sangat penting. Di versi ini juga sudah bisa membuat folder di homescreen dan telah mendukung Retina Display.

Update :

iOS 4.1 : September 2010
iOS 4.2.1 : November 2010
iOS 4.2.5 : Februari 2011
iOS 4.3 : Maret 2011 

5. iOS 5 (6 Juni 2011)
Kehadiran Siri















 
    Ada banyak fitur yang ditawarkan oleh Apple dari perangkatnya ini untuk menarik fungsionalitas yang besar yang terinspirasi oleh pesaing utamanya. Notifications Center dirombak besar – besaran yang muncul dibagian atas layar, aplikasi iMessage, aktivasi nirkabel, sinkronisasi itunes melalui Wi-Fi, dan update over-the-air.

     Perubahan terbesar yang mengubah penggunaan smartphone adalah Siri, asisten suara pribadi yang mampu mengubah dunia smartphone menjadi lebih menarik. iOS ini dirilis pada Oktober 2011. 


6. iOS 6 (11 Juni 2012)

Dihapusnya Aplikasi Youtube dan Google Maps















 
    Di versi ini, iOS menghapus keberadaan aplikasi Google Maps dan Youtube. iOS 6.0 membawa perangkat tambahan untuk Siri dan Notification Center, bersama dengan facetime melalui selular, integrasi Facebook, dan metode pembayaran terbaru menggunakan Passbook. 


7. iOS 7 (10 Juni 2013) 
                 Perubahan Besar













 
   Versi ini adalah sebuah perubahan paling besar. Interface dari iOS sangat berbeda dari dan kelihatan lebih simpel, tapi terkesan mewah. Ada lagi Control Center, sebuah fitur yang memberikan akses satu kali klik dan Touch ID yang berfungsi seperti pemindai sidik jari. 


8. iOS 8 (2 Juni 2014)

Cloud Storage
















 
     Versi iOS 8 menawarkan penambahan fitur yang menarik seperti iCloud yang memberikan kapasitas penyimpanan 5GB secara gratis. Versi ini juga menawarkan fitur yang baru seperti Notifikasi yang lebih interaktif yang memungkinkan membalas SMS, e-mail, Facebook, atau Twitter langsung dari notifikasi. Keyboard QuickType yang diklaim akan membuat user lebih cepat, muda dan akurat dalam mengetik. 
    
    Health Kit yang dapat memantau detak jantung, tekanan darah hingga pola tidur. Kemudian ada fitur Spotlight yang merupakan mesin pencari dari berbagi sumber, tidak hanya dari ponsel tetapi juga dari internet, dan terdapat pembaruan pada browser Safari.


9. iOS 9 (8 Juni 2015) 

Low Power Mode


















  Versi ke- 9 iOS menawarkan fitur Low Power Mode yang berfungso menonaktifkan animasi yang tidak diperlukan , meminimalkan background refresh yang membuat baterai menjadi lebih hemat. Adanya tambahan fitur Split View dan Slide Over pada multitasking yang memungkinkan pengguna iPad untuk melakukan multitasking dengan beberapa aplikasi. 

   Siri pada iOS 9 menjadi lebih pintar dan menagalami perubaan tampilan seperti di Apple Watch, dan Apple Maps dengan petunjuk transit yang dapat mengetahui rute bus, kereta api dan transportasi umum lainnya.







No comments:

Post a Comment