Pages

Sunday, December 20, 2015

Sejarah dan Perkembangan Windows

Sejarah Logo Windows

      Logo jendela pada windows diperkenalkan saat rilis Windows 3.1 pada tahun 1990-an yang masih berbentuk kotak dengan batas hitam. Perubahan terjadi pada Windows XP dengan desain logo jendela menyerupai bendera berkibar. Pada windows Vista dan 7, logo jendela ini dibuat lebih elegan dan bersinar. Sedangkan Pada Windows 8 dan 10, lebih simple dan lebih menyerupai bentuk jendela dibandingkan dengan logo Windows yang sebelumnya. Warna merah,hijau,biru dan kuning digunakan pada logo Windows karena memiliki kontras yang baik bagi mata.
Perkembangan Logo Sistem Operasi Windows

Microsoft Windows

      Pertama kali diluncurkan sebagai sistem operasi pada tahun 1983 dengan nama Windows tanpa embel-embel versi. Versi 1.0 sendiri baru diumumkan dua tahun kemudian seiring pula dengan logo pertamanya. Logo pertama ini sekilas mirip dengan logo Windows 8. Dengan desain sederhana berupa kotak dibagi empat namun dengan posisi yang tidak sama rata.

Windows 3.1/3.1.1


      Versi ini menggunakan 4 warna pada logo jendela dengan efek berkibar yang bermakna pergerakan. Warna merah,kuning,biru,dan hijau dipilih karena dinilai memiliki kontras yang baik untuk mata.

Windows 95


      Versi ini mulai diperkenalkan menu yang tersusun berdasarkan aplikasi yang bisa diakses melalui tombol start. Logo pada versi 95 ini mirip dengan versi 3.1 dengan posisi yang miring dan latar belakang langit.

Windows 98


     Dirilis sebagai penerus Windows 95, hadir dalam 2 versi yaitu Windows 98 dan 98SE (Second Edition). Pada logonya terlihat sedikit perubahan pada latar belakang langit biru yang lebih dinamis dari versi Windows 95.

Windows ME (Millenium Edition)

      Mirip dengan Windows 98 hanya saja ada penambahan fitur multimedianya yang tidak sukses pada saat rilis. Pada Windows ME diperkenalkan fitur System Restore. Logo pada Windows ME terdapat perubahan yaitu dengan adanya penambahan tiga kotang yang mengiri logo jendela ditengahnya.

Windows XP

     Pada Versi Windows XP terdapat perubahan yang lebih modern. Logo berbentuk jendela dengan desain seperti kibaran atau juga dikenal dengan Windows Flag. Tombol Start menggunakan desain 3D yang elegan.

Windows Vista dan 7

      Pada Windows Vista, logo Windows XP berada dalam lingkaran biru bernuansa gelas kaca, ini menandakan adanya fitur baru yaitu Aero Glass. Microsoft menganggap Windows Vista kurang berhasil. Sebagai penerusnya, Windows 7 menggunakan logo kibaran jendela, namun tanpa menggunakan lingkaran. 

Windows 8/8.1
      Microsoft berupaya menciptakan logo klasik bergaya modern namun tetap sederana, dan logo pada Windows 8 merupakan sebuah jendela bukan bendera, dibuat agak miring kearah atas yang merupakan symbol saat digunakan pada perangkat tablet.

Windows 10
      Tidak ada perubahan yang signifikan antara logo Windows 8 dan Windows 10, akan tetapi banyak sekali perubahan yang fundamental dalam Windows 10 seperti interface-nya.

Sejarah dan Interface Windows 

1. Windows 1.0
     Dirilis pada tanggal 20 November 1985. Pada awalnya Windows 1.0 akan diberi nama Interface Manager, akan tetapi petinggi Microsoft lebih memilih menggunakan nama Windows. Windows 1.0 bukanlah system operasi, hanya memperluas kemampuan MS-DOS dengan tambahan antarmuka grafis.

2. Windows 2.0
      Dirilis pada tanggal 9 Desember 1987 dan lebi popular dibanding pendahulunya, yang membuat Windows 2.0 menjadi popular adala dengan adanya aplikasi grafis buatan Microsoft yaitu Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi tersebut bisa dijalankan dari MS-DOS.

3. Windows 3.0
      Microsoft Windows mencapai kesuksesan pada saat merilis Windows 3.0 tahun 1990. Windows 3.0 menawarkan kemampuan menjalankan aplikasi MS-DOS secara bersamaan (multitasking), karena diperkenalkannya memori virtual. Windows 3.0 dapat berjalan dalam tiga modus yaitu, modus real, modus standard dan modus 386 Enchanced. Kompatibel dengan Intel 8086/8088, 80286 hingga 80386. Windows 3.0 dapat mendeteksi modus mana yang akan digunakan, tetapi pengguna dapat memaksa Windows agar bekerja dalam modus tertentu dengan menggunakan switch-switch tertentu untuk menjalankannya.

· Win/r: memaksa berjalan pada modus real.

· Win/s: memaksa berjalan pada modus standar.

· Win/3: memaksa berjalaan pada modus 386 Encanced.

4. Windows NT
      Arsitek utama dari Windows NT adala Dave Cutler, merupakan salah satu permimpin arsitek system operasi VMS di perusahaan Digital Equipment Corporation (DEC), yang kemudian dibeli oleh Compaq yang sekarang adalah bagian dari Hewlett-Packard (HP). Sebelum pinda ke Microsoft, Cutler sedang membuat system operasi penerus VMS yaitu Mica. Karena proyek Mica yang dibawa Cutler dari DEC ke Microsoft, maka Microsoft dituntut membayar 150 juta dollar Amerika dan memiliki kesepakatan untuk mendukung chip CPU baru buatan DEC, DEC Alpha yang kala itu tercatat sebagai chip tercepat agar dapat berjalan pada Windows NT.

5. Windows 95
      Microsoft mengembangkan sebuah versi Windows yang berorientasi kepada pengguna yang diberi nama kode Chicago. Win32 API yang pertama kali diperkenalknan pada Windows NT diadopsi sebagai standar Antarmuka pemrograman yang berbasis 32-bit. Kompabilitas yang ada pada Win16 dipertahankan dengan menggunakan teknik “thunking”. Windows 95 dirilis dalam lima versi yaitu :

· Windows 95 – rilis sebenarnya dari Windows 95

· Windows 95 A – pembaruan Windows 95 Original Service Release 1 (OSR1) yang dimasukkan langsung teradap instalasi.

· Windows 95 B – adanya Sistem berkas FAT32, dan Internet Explorer 3.0. versi ini juga dikenal sebagai Windows 95 OSR2/Windows 97.

· Windows 95 B USB – atau Windows 95 OSR2.1 merupakan versi yang menawarkan dukungan berbasis bus Universal Serial Bus/USB.

· Windows 95 C – atau Windows 95 OSR2.5 mencakup semua fitur diatas, dengan penambahan Internet Explorer 4.0. Ini merupakan versi terakhir dari Windows 95.

6. Windows 98
      Dirilis pada 25 Juni 1998, merupakan sebuah revisi dari Windows 95 yang secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan system berkas FAT32 yang memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte. Dukungan USB pada Windows 98 lebih baik daripada versi Windows 95.

7. Windows 2000
       Dirilis pada 17 Februari 2000. Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server. Fitur Windows 2000 yang paling signifikan adalah Active Directory merupakan jaringan pengganti yang menggunakan teknologi yang merupakan standar industry seperti, Domain Name System (DNS), Lightweight Directory Access Protocol (LDAP) dan Kerberos untuk menghubungkan sebuah mesin ke mesin lainnya.

Windows 2000 tersedia dalam enam edisi yaitu;

· Windows 2000 Professional

· Windows 2000 Server

· Windows 2000 Advanced Server

· Windows 2000 Datacenter Server

· Windows 2000 Advanced Server Limited Edition

· Windows 2000 Datacenter Server Limited Edition

8. Windows ME (Millenium Editon)
      Dirilis pada September 2000, versi ini memasukkan fitu ‘System Restore’ yang memungkinkan penggunanya mengembalikan keadaan system ke sebuah keadaan yang baik-baik saja, pada saat system operasi mengalami kegagalan. Pada versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama.

9. Windows XP

      Dirilis pada tahun 2001, selama perkembangan proyek ini diberi kode ‘whistler’. Windows XP merupakan penyatuan dari Windows 9x dan NT, dengan menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT terkenal dengan kestabilannya. Windows XP tersedia dalam beberapa versi yaitu:

· Windows XP Home Edition – ditujukan untuk desktop dan laptop rumahan.

· Windows XP Home Edition N – adanya penambahan Windows Media Player.

· Windows XP Professional – ditujukan untuk para pebisnis.

· Windows XP Professional N – adanya penambahan Windows Media Player dari versi Windows XP Professional.

· Windows XP Media Center Edition (MCE) – rilis pada November 2002, merupakan Windows XP Home Edition untuk desktop dan laptop dengan menekankan pada hiburan rumahan

· Windows XP Media Center Edition 2003

· Windows XP Median Center Edition 2004

· Windows XP Media Center Edition 2005 yang dirilis pada 12 Oktober 2004. 

· Windows XP Tablet PC Edition – ditujukan untuk tablet (PC layar sentuh).

· Windows XP Tablet PC Edition 2005

· Windows XP Embedded – ditujukan untuk system benam (embedded system).

· Windows XP Starter Edition – ditujukan untuk pengguna computer di Negara berkembang.

· Windows XP Professional X64 Edition – dirilis 25 April 2005 untuk system rumahan dan workstation yang menggunakan prosesor 64-bit yang berbasiskan intruksi X86-64 (AMD64 atau Intel EM64T).

· Windows XP 64-bit Edition – ditujukan untuk jajaran Intel Itanium yang mempertahankan kompabilitas dengan aplikasi 32-bit dengan menggunakan emulator perangkat lunak.

· Windows XP 64-bit Edition 2003 – dibuat berbasiskan kode Windows NT 5.2.

10.Windows Vista
      Dirilis pada tanggal 30 November 2006 untuk kalangan bisnis, sedangkan untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista dikembangkan untuk keamanan yang lebih tangguh, dengan diperkenalkannya User Account Control (UAC). Windows Vista juga memperkenalkan grafis yang lebih memikat dengan Windows Aero GUI, aplikasi yang baru seperti Windows Calendar, Windows DVD Maker dan beberapa game baru termasuk Chess Titans, Mahjong dan Purble Place. Windows Vista menawarkan Internet Explorer yang lebih aman, serta Windows Media Player versi 11. Windows Vista dijual dalam beberapa edisi :

· Windows Vista Starter

· Windows Vista Home Basic

· Windows Vista Home Premium

· Windows Vista Business

· Windows Vista Enterprise

· Windows Vista Ultimate

11.Windows 7
       Dirilis pada 22 Juli 2009 untuk pabrikan computer dan 22 Oktober 2009 untuk public. Windows 7 terdiri dari 6 edisi yaitu;

· Windows 7 Starter

· Windows 7 Home Basic

· Windows 7 Home Premium

· Windows 7 Professional

· Windows 7 Ultimate

· Windows 7 Enterprise

12.Windows 8

      Windows 8 menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antamuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada perangkat layar sentu selain mouse dan keyboard.

Windows 8 dirilis menjadi tiga versi yaitu;

· Windows 8 Pro
      Ditujukkan untuk pengguna tingkat lanjut dengan Windows Media Center (harus membeli lagi) . Fitur tambahannya yaitu kemampuan menerima koneksi Remote Desktop, ikut serta dalam Domain Windows Server, Enkripsi Berkas System, Hyper-V, pemuatan(booting) Virtual Hard Disk, Group Policy, BitLocker dan BitLocker To Go.

· Windows 8 Enterprise
      Menyediakan semua fitur di Windows 8 Pro (kecuali Windows Media Center) dengan fitur tambahan untuk membantu organisasi TI. Edisi ini tersedia untuk pengguna Software Assurance atau pelanggan MSDN dan TechNet Professional, dan dirilis pada tanggal 16 Agustus 2012.

· Windows RT
      Hanya tersedia di perangkat berbasis ARM seperti tablet. Windows RT akan terpaket dengan versi yang teroptimalkan untuk layar sentuh dari desktop Windows Office 2013 Home and Student, berisi Word, Excel, PowerPoint dan OneNote serta mendukung kemampuan enkripsi perangkat tetapi tidak mendukung fitur Group Policy dan Dukungan Domain.

13.Windows 10
      Windows 10 dikembangkan agar dapat digunakan pada Desktop, Notebook, tablet dan smartphone. Kembalinya penggunaan tombol start seperti pada Windows 7 memang sangat membantu, mengingat pada Windows 8 fitur ini dihilangkan akan tetapi disediakan lagi pada windows 8.1 . Interface atau antar muka yang terdapat pada Windows 10 tidak menggunakan banyak visual effect seperti pada Windows 7, dampaknya penggunaan power pun lebih efisien.

  • Empat edisi utama dari Windows 10, yaitu: 
Windows 10 Home
      Dirancang untuk digunakan dalam komputer meja, laptop, dan tablet. Edisi ini termasuk semua fitur tingkat-konsumen dan setara dengan versi dasar dari Windows 8, 8.1, Windows 7 Home Basic dan Home Premium.

Windows 10 Pro 
      Sebanding dengan Windows 8 Pro, Windows 7 Professional dan Ultimate, dan Windows Vista Business dan Ultimate. Edisi ini dibangun dari edisi Home dan menambahkan fitur penting untuk bisnis, dan memiliki fitur yang setara dengan Windows 8.1 Pro. 

Windows 10 Enterprise 
      Memberikan semua fitur dari Windows 10 Pro, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dan akan memberikan fungsi yang setara dengan Windows 8.1 Enterprise dan hanya tersedia melalui lisensi volume. 

Windows 10 Education 
      Memberikan semua fitur Windows 10 Enterprise, dirancang untuk digunakan di sekolah, kampus dan universitas. Edisi ini akan tersedia melalui Lisensi Volume Akademi Microsoft, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise. 

  • Edisi Windows 10 Untuk perangkat bergerak dan benam, yaitu :
Windows 10 Mobile 
      Dirancang untuk telepon cerdas dan tablet kecil. Edisi ini termasuk semua fitur konsumen dasar, termasuk kapabilitas Continuum. Ini merupakan suksesor secara de facto dari Windows Phone 8.1 dan Windows RT.

Windows 10 Mobile Enterprise 
      Memberikan semua fitur Windows 10 Mobile, dengan fitur tambahan untuk membantu dengan organisasi berbasis IT, dengan cara yang mirip dengan Windows 8.1 Enterprise, tetapi dioptimalkan untuk perangkat bergerak. 

Windows 10 IoT Core 
      Akan dirancang khusus untuk digunakan dalam footprint kecil, perangkat berbiaya rendah dan skenario Internet of Things (IoT) dan akan mirip dengan Windows Embedded. 

No comments:

Post a Comment