Pages

Saturday, December 19, 2015

Contoh Teknologi Informasi

               Teknologi Informasi tidak hanya berupa barang elektronik, adapun barang-barang yang tidak memerluka aliran listrik tetapi dapat menyampaikan informasi atau pesan kepada orang lain.

1.    Media Cetak
        Teknologi informasi berupa media cetak, sudah sangat dikenal oleh banyak orang dalam menyebarkan informasi. Contohnya :

·        Surat Kabar atau koran, sampai saat ini masih banyak orang yang mendapatkan informasi memlalui koran. Koran berisi berbagai macam informasi mulai dari politik, ekonomi, sampai hiburan.

·        Majalah, berisi konten yang lebih khusus bila dibandingkan dengan koran.

·        Tabloid, merupakan gabungan antara koran dan majalah. Tampilannya menyerupai koran tetapi mengandung konten seperti majalah.

·        Bulletin, merupakan sarana informasi yang berisi artikel dengan tema-tema khusus. Berbeda dengan koran, majalah, atau tabloid. Bulletin dibuat tanpa kepentingan komersial dan hanya disebar pada kalangan tertentu.

·        Selebaran atau brosur, berisi pesan singkat dan jelas mengenai suatu produk, propaganda, atau jadwal event-event tertentu.

2.   Media Elektronik

          Berbeda dengan media cetak, media elektronik mampu menyampaikan pesan berupa gambar, tulisan, suara, hingga video. Contohnya :

·        Komputer, sering digunakan untuk mengolah data yang berisi pesan, menyimpannya atau menyebarkan isi pesan tersebut ke pihak-pihak yang lain.

·        Televisi, merupakan media elektronik yang sangat banyak dimiliki oleh masyarakat Indonesia. Seseorang atau golongan-golongan tertentu dapat menyampaikan informasi kepada banyak orang dengan menyebarkannya melalui acara-acara di televisi.

·        Radio, hanya mampu menyampaikan informasi kepada orang banyak melalui suara.



No comments:

Post a Comment